Mengatasi Problem Ubuntu 12.04 Precise Pangolin pada Acer TravelMate 2420

BELUM lama ini sistem operasi Linux Ubuntu 12.04 telah dirilis untuk publik dunia, dan sudah menjadi kebiasaan sebelumnya jika saat akan menggunakan sistem versi baru, saya menunggu beberapa lama untuk mengetahui perkembangan kelebihan dan kekurangannya lebih dulu. Alasannya sederhana, untuk mengganti sistem lama dengan sistem baru itu butuh waktu dan effort yang tidak sedikit. Tapi saya pikir, hari Jumat kemarin ada waktu luang untuk mencobanya, maka langsung saja deh dimulai.

Saat mencoba Live DVD dan instalasi. Dok. pribadi.

Berikut catatan saya:

Spesifikasi komputer yang akan saya pasang Ubuntu 12.04 adalah laptop lawas dengan usia sekira 6 tahunan, Acer TravelMate 2420, memory 1.5 GB, dan ruang HDD < 10 GB (untuk direktori root / dan swap 1.5 GB).

Live DVD 

Selesai membakar ubuntu-12.04-dvd-i386.iso yang diunduh di kambing.ui.ac.id, langsung saya coba Live DVD tersebut. Hal pertama yang terlihat loading cukup berat. Unity desktop berjalan by default. Satu kendala tampak saat memutar Swansong yang dinyanyikan Josh Wooward, speaker laptop tak mengeluarkan suara, tapi bersuara saat dicolok earphone atau speaker booster.

Instalasi

Setelah mem-backup database dan beberapa berkas penting, proses instalasi dijalankan dengan waktu < 1 jam. Saya pertahankan Windows XP — original, academic version, yang biasa digunakan untuk pekerjaan lain dalam menjalankan program khusus — agar berdampingan atau dual boot. Proses instalasi tak ada masalah berarti, semua proses dilalui dengan lancar.

Gnome Shell pada Ubuntu 12.04 saya, cukup nyaman dan stabil.

Testing

Secara keseluruhan proses instalasi dan menjalankan beberapa aplikasi cukup lancar, dan saat ini hanya ada 3 masalah yang saya temui, masing-masing kasus mungkin berbeda tiap orang:

  1. GRUB rusak, saat booting muncul pesan ini:
    error: file not found
    grub rescue>
  2. Saat memutar aplikasi film dan musik, Sound tidak keluar suara sama sekali baik dari speaker laptop maupun booster.
  3. Gagal instalasi MySQL Workbench karena belum tersedia versi untuk Ubuntu 12.04 ini.

Penyelesaian

Solusi GRUB,

  1. Jalankan Live DVD dan terhubung ke Internet
  2. Lalu ikuti langkah di sini: https://help.ubuntu.com/community/Boot-Repair

Solusi Sound tak keluar suara,

  1. Sediakan koneksi Internet dengan bandwidth memadai dan stabil.
  2. Selesaikan dengan langkah yang ada disini: https://help.ubuntu.com/community/SoundTroubleshootingProcedure, jangan lupa pilih untuk versi 12.04

Catatan:
Ketika dalam tahap unduh saya kehabisan quota bandwidth, sehingga proses unduh macet di tengah jalan, dan proses instalasi tidak sempurna. Meski begitu, ternyata suara keluar saat jack speaker dicolok ke speaker booster. Untuk saya solusi ini sudah cukup. 🙂

Solusi instalasi MySQL Workbench,

Masalah ada pada tidak tersedianya library yang sudah tidak disediakan untuk versi 12.04 ini: libmysqlclient16 dan libzip1

Library tersebut tersedia untuk versi 11.10 Oneiric, untuk itu ambil saja masing-masing libmysqlclient16 disini http://packages.ubuntu.com/oneiric/libmysqlclient16 dan libzip1 disini http://packages.ubuntu.com/oneiric/libzip1 sesuai masing-masing arsitektur mesin komputer Anda, lalu instal.

$ sudo dpkg -i *.deb

Setelah itu, install masing-masing library berikutnya:

$ sudo apt-get install python-paramiko python-pysqlite2 libctemplate0 libgtkmm-2.4-1c2a

Unduh MySQL Workbench untuk Ubuntu versi 11.04, lalu install dengan dpkg.

Jika semua berhasil jalan dengan baik, saya ucapkan selamat Anda layak jadi Linuxer! 😀

Subur Anugerah

cuman wongkuto, bukan wongndeso, tapi suka gaya ndeso :-)