Tips LibreOffice: Beda Penomoran Halaman dalam Sebuah Naskah Buku

Buku biasanya terdiri atas bagian-bagian seperti sampul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, bab, hingga lampiran yang masing-masing memiliki nomor halaman berbeda-beda. Ada yang tanpa nomor halaman, nomor Romawi, nomor angka, hingga nomor abjad. Beberapa orang ada yang membuat laporan atau buku dengan cara dipecah menjadi beberapa berkas dokumen menurut nomor halaman. Dengan begitu dalam satu direktori/folder ada beberapa berkas seperti cover.doc, daftar-isi.doc, bab1.doc, bab2.doc, sampai lampiran.doc untuk sebuah naskah buku.

Berkas dokumen yang terpecah-pecah tersebut tentu tidak efisien dari sisi penulis, sebab penyuntingan menjadi lama karena butuh ketelitian lebih detil, dan ini mengganggu konsentrasi menulis saat dikejar deadline. Bagaimana bila institusi menghendaki laporan harus dipecah per bab untuk alasan berkas menjadi lebih kecil dan praktis di-donwload misalnya? Oh, itu bisa dilakukan belakangan, yang penting fokus konten lebih dulu.

Nah, berikut tutorial membuat nomor halaman yang berbeda-beda dalam satu berkas dokumen menggunakan LibreOffice/OpenOffice.

1. Diasumsikan sudah ada beberapa halaman dan akan membuat seperti contoh berikut ini.

2. Tekan F11, pilih Page Styles, dan buat style baru dengan nama HalamanRomawi, lalu ikuti langkah seperti gambar berikutnya.

3. Buat style baru HalamanAngka dan ikuti langkah seperti gambar berikutnya.

4. Arahkan pointer pada lembar kerja yang akan dibuat nomor halaman Romawi, lalu pada Styles and Formatting tekan double-click pada HalamanRomawi.

5. Untuk halaman berikutnya, misalnya nomor halaman angka, pilih menu Insert > Manual Break > Page Break > HalamanAngka, lalu sesuaikan nomor halamannya menurut keinginan.

Sampai disini sudah bisa dilanjutkan sendiri step-by-step.
Semoga bermanfaat.

Subur Anugerah

cuman wongkuto, bukan wongndeso, tapi suka gaya ndeso :-)