Mengapa memilih Linux ?

Mengapa memilih Linux ? 

“Pinguin” terkenal karena sifatnya yang Open Source yang artinya sistem operasi tersebut dapat dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain tersebut mengetahui cara kerja sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan sistem operasi tersebut. “Pinguin” itu bebas dari virus, malware, dan lain sebagainya. Serta kita tidak perlu pusing memikirkan masalah lisensi kepemilikan sistem operasi tersebut.

“Jendela”, meskipun relatif mudah untuk digunakan dan banyak sekali pemakainya, dan bukan sistem operasi Open Source melainkan sistem operasi Proprietary, yang artiya sistem operasi tersebut berlisensi di bawah hak hukum dari pemegang hak cipta. Sehingga kita sebagai pengguna komputer tidak bebas menggunakannya apalagi mempelajari cara kerjanya, serta kita tidak dapat mengembangkannya untuk kebutuhan belajar maupun untuk bisnis. Kita tidak bisa menyebarluaskan “Jendela” tanpa izin dari pengembangnya. “Jendela” masih sangat jauh dari kebebasan dan kemerdekaan software.

Lalu bagaimana dengan “Apel” ? “Apel” masih satu keluarga dengan “Pinguin”. “Apel” juga berbasis Open Source. Jika diumpamakan sebagai manusia, “Apel” memang cantik, rupawan dipandang dan mudah digunakan., namun tidak mudah untuk memiliikinya. “Apel” juga relatif aman terhadap virus dan software “jahat” lainnya. Namun sayangnya, “Apel” tidak bebas digunakan, digandakan, dan dikembangkan, karena tidak lagi sepenuhnya Open Source.

Lalu, sistem operasi manakah yang menjadi pilihan anda ? :)

Datang dengan kata kunci: