Maverick Meerkat Release Party STMIK STIKOM Balikpapan

Photo bersama panitia, peserta, dan narasumber

Meriah! Itulah kesan pertama pesta rilis distribusi Ubuntu GNU/Linux codename Maverick Meerkat atau versi 10.10 yang diadakan secara sederhana di Kampus A STMIK STIKOM Balikpapan, Sabtu, 23/10/2010. Sekitar pukul 9.10 WITA, acara dibuka dengan sambutan Ketua STMIK STIKOM Balikpapan, Bp. Drs. Bambang Sri Wahyono, M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua menyampaikan rasa senangnya pelaksanaan pesta rilis distribusi Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat untuk kali ini diadakan pertama kalinya di Balikpapan dan Indonesia. Kegiatan ini menjadi penting manakala dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung sinerginya pendidikan dan industri saat ini.

Ketua STMIK STIKOM Balikpapan, Bp. Drs. Bambang Sri Wahyono, M.Pd

Mengutip pernyataan Albert Einstein, teori tanpa praktek adalah kosong dan praktek tanpa teori adalah buta. Artinya, teori atau praktek tak bisa berdiri sendiri-sendiri, teori menjadi dasar utama sebagai landasan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui praktek. Pendidikan sekolah cenderung meletakkan dasar teori melalui metode pengajaran, sedangkan industri menerapkan dasar-dasar teori tersebut agar dapat digunakan manusia untuk mencapai tujuan pekerjaannya.

Selaras dengan hal di atas, acara yang bertema “Maverick Meerkat Release Party STMIK STIKOM Balikpapan” ini menjadi momen yang tepat untuk mengetahui sedikit permasalahan yang ada di pendidikan dan industri. Mendapat dukungan dari STMIK STIKOM Balikpapan, KPLI Balikpapan, Kementerian Riset dan Teknologi RI, serta Indonesia Goes Open Source (IGOS), acara yang terbuka untuk umum, gratis, dan diikuti berbagai elemen masyarakat seperti mahasiswa, pelajar, guru, dosen, karyawan swasta, hingga wirausaha ini dibagi menjadi 3 sesi.

Sesi pertama dibawakan oleh Fakhrul Rijal dari Komunitas Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Balikpapan, membahas mengenai review singkat atau lebih tepatnya cara instalasi dan segala permasalahan dasar dalam pengoperasian sistem operasi Ubuntu Maverick Meerkat. Dengan gayanya yang sangat narsis dan berapi-api, narasumber mampu membuat antusias peserta bertanya cukup tinggi, ini terlihat beberapa penanya menyampaikan kesulitan yang dihadapinya baik saat baru mengenal Linux pertama kali, kesulitan membedakan dengan sistem operasi lainnya hingga cara-cara instalasi menambahkan berbagai macam perangkat lunak. Bukan itu saja, sebagai apresiasinya, setiap penanya diberi hadiah sebuah Live DVD Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat, gratis!

Narasumber 1, Fahrul Rijal dari KPLI Balikpapan

Sesi kedua dipresentasikan oleh Rizqi Arijono, praktisi dan insinyur teknologi informasi dari PT Elnusa. Dalam paparannya, ia menunjukkan apa saja permasalahan yang dihadapi IT Engineer di dunia industri dan korporat, dan bagaimana solusi Open Source Software sangat membantu dan bisa diandalkan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Beberapa fakta yang dihadapi seperti banyaknya laporan insiden atau kejadian seputar penggunaan teknologi informasi, isu-isu kegagalan perangkat TI yang kadang tidak masuk akal dan tidak bisa dikompromikan, keterbatasan anggaran, banyak waktu yang terbuang, hingga tingkat produktivitas perusahaan yang menurun. Meski materi tergolong cukup berat untuk pemula, beberapa penanya pun memberanikan diri untuk bertanya dan mendapatkan sebuah Live DVD Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat juga, gratis!

Narasumber 2, Rizqi Arijono, IT Engineer PT Elnusa

Di sesi ketiga, Pak Pur, nama panggilan Setyo Purnomo, seorang guru dan aktivis Open Source Jawa Tengah ini tampil tak kalah memikat. Gaya seorang guru yang selalu lengket dan identik dengan Pak Pur ini pun terbawa saat mempresentasikan materi seputar Ubuntu sebagai solusi software untuk dunia pendidikan. Meski mengaku nervous karena biasa membawakan materi di forum sesama guru, tapi kini malah berhadapan langsung dengan mahasiswa yang terkenal idealismenya tinggi itu, Pak Pur mampu menyajikan materi dengan apik dan menyenangkan.

Berbagai perangkat lunak penunjang pendidikan disampaikan Pak Pur secara gamblang, mulai dari dasar-dasar menggunakan Kubuntu 10.10 Maverick Meerkat, permainan pemanis tampilan (eye candy) compiz yang mirip Aero di Windows Vista, hingga berbagai perangkat lunak pendidikan anak usia dini atau PAUD disajikan secara lengkap, jelas, dan padat. Sama dengan sesi-sesi sebelumnya, di sesi ini pembagian DVD juga berlangsung, artinya kurang lebih 35 buah cakram DVD Maverick Meerkat telah disebarkan untuk peserta penanya, dari keseluruhan jumlah peserta yang mencapai lebih dari 100 orang! Luar biasa! Bukan itu saja, 5 buah cinderamata dari panitia turut dibagikan kepada peserta yang beruntung menjawab quis dari narasumber.

Narasumber 3, Setyo Purnomo atau Pak Pur, aktivis Open Source Jawa Tengah

Di akhir acara, penyerahan apresiasi dan kenang-kenangan pada narasumber dilakukan oleh Pembantu Ketua I Bidang Akademik, Setyo Nugroho S.T, M.Kom, M.Ed, lalu diikuti pemotongan kue Ubuntu oleh Rizqi Arijono mewakili komunitas KPLI Balikpapan yang kemudian diserahkan pada Pak Pur, sebagai tanda perayaan atau pesta rilis Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat untuk LocoTeams Indonesia.

Kue Ubuntu

Duuh… senangnya, selamat ya! Go Open Sources! 😉

Fakhrul Rijal

Hanya Mengisi Waktu Luang Daripada Mikirin Urusan Pribadi. :)