Home » Tips & Trik » Keepassx Aplikasi Password Manajer

Keepassx Aplikasi Password Manajer

Interface Keepassx Aplikasi Password Manajer

Bagi anda yang doyan sekali dan atau mungkin hampir tidak pernah lepas untuk menjelajah di internet tentu saja memiliki banyak data akun, mungkin akun Email, Facebook, Twitter, Kaskus, dan lain-lain. Sebenarnya sangat tidak aman apabila memiliki data pengguna dan password yang sama antar akun lainnya, kenapa? karena jika suatu saat 1 akun anda di retas oleh seseorang kemungkinan besar akun anda yang lainnya akan di retas juga, ini sama saja memberikan satu-satunya kunci rumah kita kepada peretas itu. Oleh karenanya, lebih baik anda membedakan username atau password anda pada tiap akun suatu layanan di internet. Jangan takut kalau dikemudian hari anda lupa data akun anda, karena banyak sekali aplikasi yang berguna untuk menyimpan dan mengamankan data-data akun anda, baik yang shareware ataupun yang freeware, salah satu aplikasi password manajer yang free dan tidak kalah hebat dengan aplikasi password manajer yang berbayar adalah ‘Keepasx’.

Keepasx adalah sebuah aplikasi yang free/opensource yang sangat membantu kita sebagai media untuk mengatur, menyimpan dan mengamankan password. kita dapat menyimpan semua password dan data-data akun kita pada satu database yang di enkripsi menggunakan algoritma AES atau TwoFish dengan 1 master key atau key-disk, kita hanya mengingat 1 password  untuk membuka databasenya saja. Tentu saja ini sangat memudahkan kita, kita tidak perlu repot-repot mengingat username atau password kita, cuku Copy dan Past saja. :D

Apa saja fitur yang dimiliki Keepasx ini?

– Database di enkripsi menggunakan algoritma AES / TwoFish.

– Keepasx juga memiliki fitur Expires yang dilengkapi dengan kalender , kita bisa mengatur kapan kita akan mengubah password secara berkala.

– Password Generator.

– Masih banyak lagi.

 

 


Untuk menginstallnya anda dapat menggunakan aplikasi Ubuntu Software Center untuk pengguna Ubuntu, atau Software Manager, tinggal ketikkan keyword ‘keepasx’ pada kolom pencarian, atau dengan perintah ‘sudo apt-get install keepassx’ pada terminal.

About

Tanggapan Anda?

%d bloggers like this: