Home » Tips & Trik » Menghilangkan Fortune Message Pada Terminal

Menghilangkan Fortune Message Pada Terminal

Bismillah. tampilan Terminal pada Linux Mint dilengkapi dengan fitur Fortune Message, apa itu Fortune Message? adalah sebuah text atau pesan dari kata-kata emas para intelektual yang dijadikan sebuah fitur dan di display kan pada Terminal.

Fortune Message

Fortune Message di Linux Mint

Fitur Fortune Message ini menurut saya ada lebihnya dan ada kurangnya, dengan fitur ini kita dapat ter-minding oleh pesan-pesan yang ditampilkan, tetapi disisi lain akan mengurangi performance pada OS Linux Mint kita, bagi yang mengutamakan performance daripada keindahan tentu ini menjadi hal yang ‘agak’ merisihkan ketika membuka terminal, penulis sendiri juga tidak terlalu suka dengan fitur Fortune Message pada Terminal Linux Mint ini.

Berikut caranya untuk menghilangkan fitur tersebut :

– Buka Terminal ( Ctrl + Alt + T ). bisa juga tanpa terminal dengan Run Application Alt + F2, kemudian ketikkan :

gksu gedit /etc/bash.bashrc

 

perintah diatas akan memanggil file ‘bash.bashrc’ pada folder ‘etc’ dengan gedit sebagai aplikasi editor nya,. Setelah itu akan muncul file bash.bashrc p jendela gedit.

– Kemudian scroll ke bawah dan cari comman line dengan perintah “/usr/bin/mint-fortune” atau jika tidak ada ” /usr/games/mint-fortune”.

Bash.bash.rc

 

beri tanda ‘#’ (red:hashtag) di depan command tersebut jadi seperti ini: #/usr/bin/mint-fortune permberian hashtag ini berfungsi untuk mendisable atau menon-aktifkan perintah tersebut. kemudian Save ( Ctrl + S ) dan close.

coba dijalankan Terminal (Ctrl + Alt + T).

Bagaimana? mudah dan asik bukan? :)

 

About

Tanggapan Anda?

%d bloggers like this: